Bisnis

5 Cara Sederhana Mengenali Perhiasan Berlian Asli

Bagi banyak dari kita, membeli berlian adalah pembelian yang melibatkan perasaan secara emosional. Selain itu juga merupakan sesuatu yang benar-benar kita investasikan dan dedikasikan untuk satu orang yang spesial itu.

Masuk akal jika Anda perlu tahu apakah itu asli atau tidak sebelum berkomitmen pada perhiasan berlian asli. Dengan demikian, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui apakah berlian itu asli atau tidak.  

Saat ini, banyak berlian “palsu” yang dapat dengan mudah disalah artikan sebagai berlian asli. Ada banyak permata alami yang sangat mirip dengan berlian seperti topas putih, safir putih, dan zircon putih.

Jika Anda memiliki cincin berlian dan mempertanyakan keasliannya, Anda disarankan untuk mencari informasi tentang perhiasan berlian terbaru dan asli dari toko perhiasan terkemuka seperti Miss Mondial & Mondial. Tetapi jika Anda sedang terburu-buru, berikut adalah tes sederhana yang dapat Anda gunakan di rumah untuk mengetahui apakah batu Anda asli atau palsu.

perhiasan berlian asli
perhiasan berlian asli

Cara Mengetahui Apakah Berlian Anda Asli Dengan Metode Pengujian Rumahan

Sebelum mencoba opsi di bawah ini, para ahli menyarankan untuk melakukan pekerjaan rumah Anda. Ada beberapa pengganti perhiasan berlian terbaru di pasar, dengan beberapa memiliki nilai tersendiri sementara yang lain tidak terlalu berharga.

Penting juga untuk mengetahui perbedaan antara berlian terpasang dan berlian lepas. Berlian lepas, atau berlian yang belum dipasang di tempat, lebih mudah untuk diuji, baik untuk keasliannya maupun untuk menentukan apakah ada kekurangan.

1. Tes Uap untuk Menentukan Apakah Berlian Anda Asli

Cara cepat dan mudah untuk mengetahui apakah berlian Anda asli atau tidak, letakkan batu di depan mulut Anda dan hembuskan udara dengan napas Anda. Jika hilang setelah satu atau dua detik, maka itu asli, tetapi jika tetap berkabut selama tiga detik atau lebih, maka Anda sedang melihat yang palsu. Alasannya adalah berlian menyebarkan panas secara instan, sehingga tidak mungkin untuk berkabut. Sebelum mencoba tes ini, pastikan berlian Anda bersih tanpa ada minyak.

2. Uji Air Pada Berlian Anda

Ini mungkin salah satu cara termudah untuk menentukan apakah perhiasan berlian asli atau tidak, namun tidak meyakinkan. Ambil segelas penuh air dan cukup jatuhkan berlian Anda ke dalam gelas. Jika berlian itu asli, berlian itu akan jatuh ke dasar kaca karena kepadatan batu yang tinggi. Jika palsu, itu akan mengapung di permukaan air. Sayangnya, tidak semua berlian palsu mengapung di air, jadi Anda mungkin ingin menggunakan salah satu teknik lain di sini.

3. Mengetahui Keaslian Berlian Anda Menggunakan Kaca Pembesar

Dengan menggunakan kaca pembesar, pegang berlian Anda dan cari ketidaksempurnaan di dalam batu. Jika Anda tidak dapat menemukannya, kemungkinan besar itu palsu. Karena sebagian besar perhiasan berlian asli memiliki kekurangan, yang disebut inklusi. Meskipun ada berlian tanpa cacat di luar sana, harganya sangat mahal. Karena itu, jangan membuang batu setelah ini karena Anda mungkin memiliki berlian yang sangat berharga dan sempurna di tangan Anda. 

4. Menggunakan Lampu UV untuk Melihat Apakah Berlian Anda Asli

Untuk yang ini, Anda membutuhkan lampu UV. Setelah Anda mendapatkannya, matikan lampu di rumah Anda dan letakkan berlian di bawah sinar UV. Tunggu reaksinya dan amati warna yang ditunjukkannya. Sebagian besar berlian akan bisa memancarkan cahaya yang berwarna biru. Tetapi tidak semuanya, karena beberapa berlian tertentu tidak bersinar di bawah sinar UV. 

Jika sebaliknya, Anda melihat fluoresensi berwarna hijau, abu-abu atau kuning, ini biasanya berarti permata tersebut bukan berlian. Perlu diingat bahwa ini bukan tes yang pasti dan tidak semua berlian akan menampilkan warna biru. Jadi sebaiknya mintalah ahli berlian seperti Miss Mondial & Mondial untuk menggunakan peralatan canggih mereka dalam menguji batu tersebut.

Show More

Related Articles

Close