Bisnis

Apakah Anda Membutuhkan Cincin Pertunangan dan Cincin Nikah?

Saat ini mungkin pasangan Anda memilih cincin pertunangan yang sempurna. Tapi apa sebenarnya perbedaan antara cincin pertunangan dan cincin nikah? Dan, jika Anda sangat menyukai cincin pertunangan, apakah Anda benar-benar perlu mendapatkan cincin kawin yang serasi? Atau bisakah Anda memakai cincin pertunangan Anda setelah Anda menikah saja? Selain itu, bisakah Anda memakai salah satu (atau keduanya) cincin Anda di jari manis yang berlawanan? Mari kita dapatkan jawaban atas pertanyaan etiket cincin pertunangan vs cincin kawin, sekali dan untuk selamanya.

Cincin Pertunangan vs Cincin Kawin

Cincin pertunangan yang konvensional pada umumnya hanya memiliki satu batu dominan, yang berdiri sendiri atau dikelilingi oleh batu tambahan dengan ukuran yang lebih kecil. Cincin pertunangan biasanya diberikan sebagai bagian dari lamaran, atau jika tidak, pada tahap awal pertunangan.

Cincin Nikah
Cincin Nikah

Sebaliknya, cincin kawin secara tradisional adalah cincin logam biasa atau cincin keabadian bertatahkan berlian yang Anda terima ketika Anda melaksanakan ijab kabul selama upacara pernikahan dan dipakai sejak saat itu. Pada umumnya, ada juga perbedaan harga yang bisa dibilang cukup signifikan antara cincin pertunangan dengan cincin kawin. Bahkan jika cincin kawin memiliki berlian atau batu permata lainnya, berat karat totalnya umumnya lebih rendah daripada cincin pertunangan.

Tentu saja Anda bisa memilih kesempatan untuk tidak melakukan hal semacam itu. Menurut para pakar perhiasan dan berlian, mempelai wanita memiliki lebih banyak suara dalam pemilihan dan desain cincin mereka. Dan tidak hanya mereka berpisah dengan tradisi yang ada, tetapi mereka juga memilih untuk mendiversifikasi pilihan cincin pertunangan dan pernikahan mereka. Orang-orang melakukan apa pun yang mereka inginkan, dan cincin kawin menawarkan kesempatan untuk memiliki lebih banyak pilihan.

Cara Memakai Cincin Pertunangan dan Pernikahan Anda

Biasanya, Anda memakai cincin pertunangan dan cincin nikah di jari keempat tangan kiri Anda. Mengenai cara menggunakan atau menumpuknya, tradisi yang ada berpendapat bahwa Anda akan mengenakan cincin kawin di dalam cincin tunangan sehingga lebih dekat ke hati Anda. Meskipun demikian, beberapa pengantin wanita memilih untuk memakai cincin pertunangan mereka di satu sisi dan cincin kawin mereka di sisi lain, terutama jika cincin mereka sangat beragam yang tidak dapat dengan mudah ditumpuk.

Apakah Anda Membutuhkan Keduanya?

Pada akhirnya, ini benar-benar tergantung pada preferensi pribadi. Jika Anda orang yang menyukai tampilan konvensional, ya, tentu saja. Apakah Anda menambahkan gelang berlian atau gelang logam biasa, cincin kawin dan cincin pertunangan adalah tampilan yang tak lekang oleh waktu dan selalu terlihat indah. Dan tren baru-baru ini yang tidak menunjukkan tanda-tanda memudar adalah memilih tumpukan cincin yang terdiri dari tiga ring (atau bahkan lebih), seringkali dengan logam dan gaya campuran.

Tentu saja bukanlah satu masalah apabila Anda lebih suka memakai hanya satu cincin untuk melambangkan pertunangan dan status pernikahan Anda di masa depan. Berikut adalah beberapa alasan yang masuk akal mengapa beberapa pengantin memilih untuk memakai hanya satu cincin nikah:

  • Cincin tunggal bisa lebih nyaman dan tidak terlalu rumit daripada cincin kawin dan cincin pertunangan yang dipakai secara bersamaan. Dan cara ini masih bisa terlihat sangat menakjubkan dengan sendirinya.
  • Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan salah satunya (ini sangat penting jika Anda adalah orang yang sedikit ceroboh).
  • Anda juga tidak perlu khawatir tentang dua cincin apakah akan tampak serasi dan sempurna. Kadang memang sulit untuk menemukan cincin kawin yang pas untuk dipasangkan dengan cincin pertunangan jika Anda tidak membelinya dalam satu set.
  • Dana yang biasanya akan dialokasikan untuk cincin pertunangan dan cincin kawin dapat diinvestasikan dalam satu cincin yang menonjol dan bisa Anda beli di Mondial Jeweller.
Show More

Related Articles

Close