Kesehatan

Bermacam Pilihan Makanan Mengandung Nutrisi Otak Anak

Nutrisi sangat penting dalam membantu perkembangan otak anak-anak, dan memainkan peran kunci dalam konsentrasi dan pembelajaran. Makanan tertentu, seperti telur, ikan berminyak, dan sayuran, mengandung nutrisi otak anak yang sangat penting untuk perkembangan awal hidupnya.

Makanan yang mengandung nutrisi esensial penting untuk perkembangan dan fungsi otak anak. Makanan glikemik rendah juga dapat mendukung fungsi otak dengan menyeimbangkan gula darah. Makanan ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus selama di sekolah.

Artikel ini membahas tentang peran nutrisi dalam perkembangan otak dan menjelaskan makanan apa saja yang bermanfaat untuk anak. Ini mencari ide untuk makan, termasuk sarapan, dan makanan ringan untuk membantu belajar dan konsentrasi.

Peran Nutrisi dalam Perkembangan Otak

Semua nutrisi otak anak penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Namun menurut sebuah penelitian, nutrisi berikut ini penting selama perkembangan awal:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Asam lemak tak jenuh
  • Kolin
  • Besi
  • Tembaga
  • Seng
  • Vitamin A
  • Vitamin B.
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Yodium

Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa tiga tahun pertama kehidupan seorang anak sangat penting untuk perkembangan otak. Para ahli tersebut berpendapat bahwa kegagalan untuk mengoptimalkan perkembangan otak selama periode ini dapat mengakibatkan konsekuensi jangka panjang pada pendidikan, potensi pekerjaan, dan kesehatan mental orang dewasa.

Nutrisi merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan perkembangan otak sejak dini. Faktor lainnya adalah dukungan dan keterikatan sosial, dan mengurangi stres dan peradangan beracun. Pola makan anak-anak juga dapat mempengaruhi otak dalam konteks perilaku dan konsentrasi.

Makanan Otak yang Sehat

Makanan berikut ini mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan otak. Menambahkan makanan ini ke makanan anak dapat mendukung perkembangan dan fungsi otak yang sehat.

1. Telur

Penelitian menunjukkan bahwa kolin sangat penting untuk perkembangan bayi dan fungsi otak. Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa banyak orang mencapai asupan kolin dengan mengonsumsi telur.

Menurut penelitian, telur dengan kuning telur mengandung 125 miligram (mg) kolin, yang setara dengan setengah dari kebutuhan anak-anak berusia 4-8 tahun. Anak-anak bisa makan telur rebus untuk sarapan atau telur dadar yang dibuat dengan telur dan sayuran untuk makan siang atau makan malam mereka.

2. Minyak Ikan

Minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk fungsi dan perkembangan otak. Menurut penelitian itu, anak-anak membutuhkan asam lemak omega-3 untuk fungsi dan perkembangan otak. Selain itu, mereka menyarankan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu mengelola kondisi psikologis dan kognitif.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran dengan daun hijau merupakan sumber asam folat yang baik. Sebagai contoh,100 gram bayam mentah mengandung hampir setengah dari jumlah harian folat yang dibutuhkan anak-anak berusia 4-8 tahun. Asam folat ini penting untuk perkembangan dan fungsi otak, jadi orang tua harus memastikan anak-anak mereka memiliki sumber makanan yang cukup.

4. Gandum

Bubur oat adalah makanan indeks glikemik rendah. Nutrisi pada otak yang satu ini bermanfaat bagi fungsi kognitif pada pagi sekolah. Bubur yang terbuat dari gandum utuh dengan taburan selai kacang atau kacang panggang adalah sarapan rendah yang cocok untuk anak-anak yang tidak memiliki alergi kacang. Bagi mereka yang melakukannya, menambahkan beberapa biji panggang atau yogurt alami menyediakan protein dan dapat membantu menyeimbangkan gula darah.

Sebagai orang tua yang baik, Anda harus memastikan semua makanan yang menunjang nutrisi otak anak. Karena di usia anak-anak inilah perkembangannya sangat pesat dan menjadi awal yang baik untuk masa depannya.

Show More

Related Articles

Close