Bisnis

Alasan yang Bisa Membuat Pengajuan Kartu Kredit Ditolak Bank Penerbit

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran masa kini yang menawarkan kemudahan dan kepraktisan. Hanya dengan selembar kartu saja, Anda sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi dengan mudah. Selain itu, kartu kredit juga bisa menjadi penyelamat apabila Anda memiliki kebutuhan darurat namun belum waktunya menerima gaji bulanan. Namun sayangnya tidak semua pengajuan kartu kredit diterima bank penerbit.

Kartu kredit yang seperti hutang membuat bank penerbit melakukan pertimbangan dengan matang untuk menerima pengajuan seorang nasabah. Tidak sedikit nasabah yang berkali-kali mengajukan pembuatan kartu kredit namun tetap tidak diterima. 

pengajuan kartu kredit
pengajuan kartu kredit

Apakah Anda juga demikian? Ketahui alasan yang mungkin membuat pengajuan ditolak kemudian perbaiki pada pengajuan selanjutnya. Berikut ini adalah beberapa alasan yang mungkin membuat pengajuan ditolak:

Dokumen Tidak Sesuai atau Tidak Jelas

Jika mengajukan secara online, kemungkinan pertama mengapa pengajuan Anda ditolak yaitu karena dokumen tidak sesuai atau tidak jelas. Pengajuan secara online memang lebih berisiko karena bisa saja pihak bank tidak dapat membaca dokumen Anda. Biasanya pihak bank akan langsung menolak pengajuan apabila dokumen yang diserahkan bermasalah. Oleh sebab itu, pastikan dokumen sudah jelas dan lengkap sebelum melakukan apply.

Riwayat Kredit Kurang Baik

Alasan paling umum mengapa pengajuan kartu kredit ditolak yaitu karena riwayat kredit yang buruk. Riwayat kredit berhubungan dengan kredit yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Apabila Anda pernah mengalami masalah seperti kredit gagal atau kredit macet maka pengajuan pasti akan ditolak. 

Bank tidak ingin menanggung risiko yang sama di mana kemungkinan masalah tersebut bisa terulang. Sebaiknya cari produk kartu kredit yang tidak melalui proses BI Checking apabila Anda memang membutuhkan kartu kredit.

Mengajukan di Bank yang Bukan Tempat Menabung

Beberapa bank biasanya memilih nasabah yang memiliki rekening tabungan di bank tersebut. Apabila Anda mengajukan pembuatan kartu kredit di bank berbeda, risiko ditolak lebih tinggi. Pasalnya bank akan mengeluarkan usaha lebih untuk melakukan verifikasi pada nasabah yang tidak memiliki rekening tabungan di banknya.

Penghasilan Tidak Memenuhi Syarat

Mayoritas bank meminimalisir risiko dengan menerapkan syarat penghasilan minimum. Biasanya penghasilan yang harus dimiliki calon pemegang kartu minimal Rp 3 juta per bulan. Hal tersebut dibuktikan dengan rekening koran atau slip gaji. Nasabah yang memiliki penghasilan di bawah angka tersebut tentu saja akan ditolak secara otomatis.

Sudah Memiliki Banyak Kartu Kredit

Jika Anda sudah memiliki beberapa kartu kredit namun masih mengajukan pembuatan lagi karena ingin kartu kredit yang baru, mungkin hal tersebut menjadi alasan pengajuan ditolak. Apalagi jika limit keseluruhan kartu kredit lebih tinggi dibandingkan gaji bulanan Anda.

Pengajuan Anti Ditolak di Bank Sinarmas dengan Secure Credit Card

Bank Sinarmas menghadirkan produk kartu kredit yang bisa diajukan dengan mudah. Produk tersebut diberi nama Secure Credit Card. Tidak adanya proses BI Checking untuk melihat riwayat kredit membuat proses pengajuan lebih mudah diterima. 

Sebagai gantinya, ada lock dana mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 2 miliar untuk jaminan. Nilai limit yang didapatkan sebesar 90% dari nilai dana yang dikunci. Apabila Anda tidak mampu membayar tagihan kartu kredit selama jangka waktu yang ditetapkan maka dana akan di-unlock untuk membayar tunggakan, kemudian kartu kredit ditutup.

Meskipun begitu, Secure Credit Card memberikan berbagai macam fitur yang bisa membantu memudahkan transaksi Anda. Beberapa di antaranya yaitu gratis iuran tahunan, cashback berlimpah, banyak diskon, nilai tukar kurs yang menarik. Lakukan pengajuan kartu kredit secara online melalui Program Tabungan Online. Selengkapnya mengenai produk ini bisa Anda lihat di banksinarmas.com.

Show More

Related Articles

Close