Pendidikan

Ingin Jadi Game Developer? Miliki 5 Kualitas Ini

Saat bermain game, pernahkan Anda berpikir bagaimana cara membuat game tersebut? Jawabannya adalah berkat tangan-tangan lihai dan otak cemerlang tim game developer. Mereka sebenarnya adalah seorang software developer yang mengambil spesialisasi pembuatan video game di program ekstensi D3 ke S1 ilmu komputer atau teknik informatika di IDS Digital College atau lainnya.

Selain menguasai berbagai bahasa pemrograman, seorang game developer juga harus memiliki kreativitas yang tinggi agar bisa membuat jalan cerita permainan yang menarik. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki lima kualitas di bawah ini jika ingin menjadi seorang game developer.

Memiliki Berbagai Skill Kerja

Seorang game developer harus menguasai berbagai skill dalam menuntaskan pekerjaan. Selain mampu mengoperasikan peralatan audio dan video, Anda harus memiliki kemampuan problem solving yang baik yang nantinya berguna untuk membuat atau membetulkan berbagai kerusakan atau error pada kode game yang sudah dibuat.

program ekstensi d3 ke s1
program ekstensi d3 ke s1

Oleh karena itu, belajarlah dengan baik saat kuliah di IDS Digital College agar Anda bisa menjadi seorang game developer yang handal. Kuasai berbagai bahasa pemrograman yang dipelajari saat di bangku kuliah.

Pendidikan 

Kuliah menjadi salah satu jalan ninja agar Anda bisa menjadi seorang game developer. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti program ekstensi D3 ke S1 untuk jurusan ilmu komputer atau Mobile Apps and Games Development. Dengan adanya jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Anda akan dilirik oleh beberapa pihak perusahaan pengembang video game.

Pada umumnya, beberapa perusahaan memiliki kualifikasi jenjang S1 Ilmu Komputer dan sejenisnya untuk posisi game developer. Selain itu, tidak sedikit juga perusahaan yang memilih calon karyawannya dengan latar belakang pendidikan desain produk atau desain komunikasi visual.

Kreativitas

Selain menguasai berbagai bahasa pemrograman, pastikan Anda juga mengasah kreativitas. Pasalnya, ada beberapa langkah dalam pembuatan game, diantaranya merancang, membuat, dan menghidupkan dunia virtual lengkap dengan intrik, strategi, dan animasi visualnya.

Selain itu, seorang game developer juga harus bisa membuat plot cerita yang menarik pada sebuah game. Dengan adanya alur dan plot yang menarik, tidak sedikit yang tertarik untuk memainkan game tersebut. Jangan lupa juga untuk menciptakan tokoh atau karakter pada game sebagai daya tariknya.

Komunikasi

Seorang game developer juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Pasalnya, Anda akan lebih sering berdiskusi dengan bos atau klien dari beberapa perusahaan pengembang video game. Selama proses pengembangan game, Anda juga akan lebih sering berkomunikasi dengan quality assurance tester, yakni seseorang yang menguji game tersebut sebelum diberikan kepada perusahaan pengembang.

Hobi Bermain Game

Hal yang paling menarik dalam mencari uang adalah hobi yang dibayar. Anda tidak akan merasa tertekan saat menjalaninya, bahkan beberapa orang tidak masalah jika kerja kerasnya dibayar tidak sesuai dengan ekspektasi. Oleh karena itu, Anda sangat cocok menjadi game developer jika memiliki hobi bermain game. Anda serasa tidak bekerja saat merancang game.

Selain itu, Anda juga akan lebih memahami selera para gamer masa kini jika Anda juga gemar bermain game. Baik itu dari sisi audio dan visual, plot cerita, cara bermain, karakter, dan lain-lain.

Itulah lima kualitas yang harus dimiliki oleh seorang game developer. Jika kamu ingin menjadi salah satu pengembang game, ambil saja program ekstensi D3 ke S1 jurusan Ilmu Komputer atau Mobile Apps and Games Development di IDS Digital College. Gimana, Anda siap?

Show More

Related Articles

Close