Bisnis

Begini Ciri Berlian Palsu, Tips by Brand Perhiasan Lokal

Berlian memang batu alam yang memiliki nilai jual sangat tinggi. Hal inipun dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menipu dan menjual berlian palsu. Sekilas, keduanya memang tampak hampir sama. Namun, jika ditelisik lebih jauh, komposisi serta sifatnya sangat berbeda. Sehingga, brand perhiasan lokal pun memberikan banyak tips untuk bisa mengenali ciri-ciri berlian palsu.

Untuk Anda yang memang penggemar perhiasan, sila intip tips berikut ini agar terhindar dari segala macam tindak penipuan berlian palsu!

Ciri Berlian Imitasi atau Sintetis

brand perhiasan lokal
brand perhiasan lokal

Ini dia ciri dari berlian imitasi yang banyak beredar di pasaran!

1. Berlian Palsu Menyimpan Panas

Apabila Anda membeli berlian dan bisa menahan panas, maka sudah pasti berlian tersebut palsu. Untuk itu, sila cek terlebih dahulu kemampuan ini dengan melakukan fog test atau kerap disebut dengan tes embun. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengembuskan napas langsung ke berlian tersebut. 

Nah, berlian yang asli akan membuat embun dapat menghilang dalam waktu yang sangat singkat. Namun, berlian imitasi akan menahan embun dalam beberapa saat. Hal ini disebabkan karena berlian yang asli bisa menghasilkan konduktivitas panas dengan sempurna.

2. Berlian Palsu Terlihat Sangat Bersih

Banyak yang masih belum terlalu paham mengenai konsep berlian imitasi yang terlihat lebih bersih. Padahal, banyak yang mengira kalau yang terlihat lebih bersih justru berlian asli. Nah, berlian tiruan sendiri tidak memiliki kecacatan pada bagian dalam dan luarnya. Sedangkan berlian asli justru mempunyai kecacatan.

Hal ini dikarenakan berlian asli dibentuk dalam perut bumi dengan tekanan dan suhu yang sangat tinggi. Proses inilah yang mengakibatkan berlian asli mempunyai semacam tanda lahir berupa inklusi serta blemishes. Yakni cacat pada bagian permukaan dan dalam berlian.

3. Berlian Palsu Terlalu Berkilau

Ada banyak toko yang menawarkan berlian dengan kilauan sangat menyilaukan. Jika Anda menemuinya, sebaiknya lakukan tes ulang. Pasalnya, berlian palsu lah yang sangat berkilau dan bahkan memiliki kilau warna pelangi. Sebagai contoh, terdapat batu Cubic Zircnia yang justru lebih berwarna dan berkilau ketimbang berlian asli.

Untuk itu, berhati-hatilah dengan memilih brand perhiasan lokal yang terpercaya. Pun, brand yang telah terbukti kredibilitasnya.

4. Berlian Palsu Memiliki Harga yang Lebih Murah

Salah satu ciri yang paling kentara pada berlian yang palsu adalah harga yang relatif lebih murah. Hal ini pulalah yang dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk memberikan iming-iming agar pelanggan tertarik membeli.

Apabila Anda mendapati berlian berukuran besar dengan tampilan yang bersih tanpa cacat, apalagi dijual murah, sebaiknya, cek ulang keasliannya.

5. Berlian Palsu Mudah Tergores

Dibentuk di dalam perut bumi dalam jangka waktu yang sangat lama membuat berlian menjadi batu alami yang paling keras. Dengan begitu, berlian asli tidak akan mudah terdapat goresan. Hal ini juga bisa menjadi acuan bagi Anda untuk menilai keaslian dari berlian.

Berlian palsu akan mudah tergores serta terbentur oleh benda lainnya. Untuk itu, hal ini harus benar-benar dicermati sebelum membeli berlian, ya!

Pastikan Membeli Berlian pada Brand Terpercaya

Cara yang paling mudah bagi Anda untuk mendapatkan berlian asli adalah membelinya pada brand perhiasan lokal terpercaya. Sebab, kredibilitas dari suatu brand memang sangat menentukan keaslian dari berlian yang ditawarkan.

Salah satu brand yang direkomendasikan adalah The Palace. Beberapa produk dengan ciri khas motif Nusantara terbaiknya adalah seri Anta Ladies Ring. Dimana cincin ini hanya memiliki berat 3,658 gram dengan sentuhan berlian 0,061 karat. Tentunya, berlian pada cincin ini dijamin asli dengan sertifikat yang mampu membuktikannya. 

Untuk itu, pilih Anta Ladies Ring untuk menyempurnakan penampilan Anda!

Show More

Related Articles

Close