Bisnis

Usaha Rumahan Yang Pernah Dilakoni Orang Tajir Di Indonesia

Nasib manusia di dunia ini memang tidak akan pernah ada yang bisa memastikan. Hari ini kita dalam kesusahan, besok mungkin saja kita dalam kondisi yang berkecukupan. Begitu juga sebaliknya, hari ini kita bermewah – mewahan, tau – tau besok kita dalam kondisi yang kekurangan. Begitulah nasib manusia, miskin dan kaya tidak akan pernah abadi.

Namun, meskipun nasib merupakan salah satu faktor yang menyebabkan manusia dalam kondisi kaya atau miskin, namun tidak bisa kita jadikan sebagai alasan kita terpuruk dalam kehidupan di dunia ini. Ikhtiar atau usaha adalah faktor paling dominan dalam mengubah kondisi kehidupan manusia di dunia ini.

Seperti yang pernah dialami oleh beberapa orang di Indonesia yang saat ini tajir melintir, dulunya mereka hidup dalam kesederhanaan. Salah satu hal yang bisa mengubah mereka menjadi seperti saat ini adalah bahwa mereka bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan yang mereka jalankan dengan modal kecil namun bisa menghasilkan laba yang sangat besar.

Apa saja jenis usaha dan siapa sajakah orang Indonesia yang dulunya bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan menjadi sebuah usaha yang sangat besar pada hari ini ? berikut ulasannya. 

  1. Les privat. Les privat tentu bisa jadi salah satu usaha rumahan yang bisa kamu pilih. Selain les mata pelajaran sekolah, kursus bahasa asing juga boleh. Dan usaha ini juga cukup menguntungkan dari sisi operasional. Usaha rumahan modal kecil kayak gini pernah dilakoni pendiri Trakindo,Achmad Hamami. Hamami memang sempat membuka tempat les dan ngajar matematika di rumahnya, setelah dirinya pensiun sebagai pilot Angkatan Udara.
  2. Salon. Bisnis salon juga tergolong sebagai usaha rumahan modal kecil, tapi tergantung juga sama jenis salonnya. Salon itu sendiri banyak, ada salon tempat cukur rambut saja, ada salon perawatan tubuh, salon khusus bulu mata dan alis atau perawatan wajah, dan lainnya. salah satu pengusaha sukses yang melakoni usaha salon adalah Martha Tilaar. Bermodal ruangan seluas 6×4 meter di garasi rumah sang ayah, uang Rp 1 juta, dan tambahan modal dari suami, Martha Tilaar mendirikan Martha’s Salon.
  3. Warung Jamu. Sudah tahu kan siapa produsen jamu terkenal di Indonesia yang omzet perusahaannya besar ? Ya, Sido Muncul. Perusahaan itu dulunya juga cuma usaha rumahan modal kecil. Usaha seperti inilah yang dulu dilakoni Ny. Rakhmat Sulistyo. Dia dan suaminya memanfaatkan peluang usaha rumahan jamu tersebut dengan sangat baik sehingga berkembang pesa. Dia dan tiga karyawannya mulai melanjutkan usahanya hingga akhirnya jamu Sido Muncul pun menjadi seperti sekarang.
Show More

Related Articles

Close