Bisnis

Cara Memilih Investasi Reksa Dana Syariah KlikMAMI

Kesadaran akan investasi gini mulai merambah lingkungan mahasiswa, seiring dengan semakin mudahnya proses investasi yang dilakukan baik secara online maupun offline. Bahkan kini banyak mahasiswa yang sudah mulai beralih ke investasi berbasis syariah, salah satunya seperti Reksa Dana Syariah.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mulai Investasi Reksa Dana Syariah, berikut klikMami sebagai bagian dari PT Manulife Aset Manajemen Indonesia yang telah berhasil meraih penghargaan Best Fund House dari Asia Asset Management di tahun 2018, akan membagikan informasi selengkapnya khusus untuk Anda. diantaranya: 

Investasi Reksa Dana Syariah
Investasi Reksa Dana Syariah

1. Memahami di mana posisi Anda saat berinvestasi di Reksa Dana Syariah 

Secara umum, para investor yang berinvestasi di Reksa Dana Syariah terbagi menjadi dua tipe, berdasarkan motif dan niat mereka berinvestasi. 

Investor yang mencari unsur syariah

Kebanyakan dari investor tipe ini adalah sebuah lembaga keuangan seperti asuransi yang mengandalkan konsep syariah juga. Namun tak jarang juga terdapat beberapa individu yang memang dari diri sendiri berniat untuk mencari nilai syariah yang dimiliki. 

Investor yang mencari imbal hasil (return)

Tipe yang kedua ini juga menjadi salah satu tipe yang paling banyak terjadi di Indonesia. banyak investor yang mencari imbal hasil pada efek efek syariah saat investasi tersebut  bekerja lebih baik bila dibandingkan dengan konvensional Lantas, dimanakah posisi Anda? tentukan pilihan dari sekarang agar lebih mudah mengatur investasi yang akan dilakukan. 

2.Pahami apa yang menjadi tujuan Anda berinvestasi

Meskipun Anda masih berstatus mahasiswa, namun tujuan Anda berinvestasi harus jelas sejak awal. Anda harus mengetahui, apakah tujuan berinvestasi hanya untuk melindungi nilai aset agar tak tergerus inflasi, atau hanya sekedar ingin menambah kekayaan.

3. Memahami tipe Anda saat berinvestasi 

Saat mengajukan investasi, biasanya Anda akan ditanya beberapa pertanyaan terkait dengan profil resiko Anda. terdapat 3 tipe profil resiko bagi kebanyakan orang. Yakni konservatif, moderat, ataupun agresif. Jadi Anda harus menentukan profil resiko mana yang sesuai dengan tipe Anda saat berinvestasi.

4. Memahami berbagai jenis produk Reksa Dana Syariah yang ada di Indonesia 

Jangan asal pilih dalam berinvestasi karena Anda harus mengetahui secara detail tentang bagaimana cara kerja investasi Reksa Dana Syariah, serta mengetahui siapa yang akan mengelola investasi Anda nantinya. Lantas bagaimana caranya?.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan sedikit riset lewat berita, ataupun lewat fund fact sheet yang biasa disajikan di website manajer investasi (MI).

Kemudian, Anda bisa mencari tahu tentang manajer investasi mana yang memiliki kredibilitas dalam mengelola investasi Anda. Dengan begini, investasi yang Anda lakukan bisa lebih maksimal lagi. Dan tentunya pastikan juga bahwa manajer investasi tersebut telah mengikuti syariat syariat Islam yang berlaku dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Show More

Related Articles

Close