Bisnis

Tahapan Berbisnis Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Sendiri

Membuka usaha sendiri dapat menjadi salah satu suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang. Apabila Anda tertarik membuka usaha sendiri, Gaji Anda akan memberikan tips langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri. Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang.

Memang tidak dapat dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan, menjadi bos untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar. Akan tetapi, resiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan.

Ada tahapan berbisnis dalam menjalankan usaha sendiri.

1. Menganalisis Jenis Usaha

Salah satu tahapan berbisnis ini adalah menganalisa jenis usaha. Anda harus memastikan bahwa usaha yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang Anda minati. Hal itu akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman Anda di jenis usaha tersebut. Lakukan analisis Break Event Point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda.

2. Rencanakan Bisnis Anda

Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/business plan proposal adalah sebuah kebutuhan. Jika Anda akan membiayai usaha itu sendiri, rencana usaha juga akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda akan butuhkan untuk memulai, apa yang perlu untuk dilakukan kapan, dan di mana Anda tuju.

3. Siapkan Modal

Salah satu tahapan berbisnis yang tidak boleh terabaikan adalah modal. Modal merupakan salah satu faktor penting di dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tidak memiliki modal sehingga tidak jalan. Modal ini dapat Anda dapatkan dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau bisa juga Anda meminjan uang dari bank, dan sistemnya partnership.

Selain modal awal, Anda juga harus memiliki minimal tiga bulan dari  anggaran keluarga Anda dalam bank. Anda juga dapat memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller (pengecer) dari suatu produk atau barang.

Show More

Related Articles

Close