Bisnis

Urutan Planning untuk Bisnis yang Tepat

Planning untuk bisnis merupakan bagian penting dalam kesuksesan bisnis, namun salah satu yang sering disalahpahami oleh pengusaha memulai perusahaan. Mereka sering percaya bahwa tujuan penulisan rencana bisnis adalah meyakinkan investor untuk memasukkan uang ke dalam usaha tersebut. Sebenarnya perencanaan adalah proses yang wajib dilakukan dengan tekun dan apakah perusahaan sedang mencari modal atau tidak.

Rencana perusahaan menunjukkan langkah-langkah yang harus diselesaikan agar bisa mencapai tujuan pendapatan dan keuntungannya. Produk akhir dari proses perencanaan ini adalah dokumen planning untuk bisnis. Sebelum memulai usaha, Anda harus yakin bahwa pelanggan sasaran Anda memiliki kebutuhan yang kuat dan bahkan mendesak untuk produk atau layanan yang akan Anda tawarkan.

Tunjukkan bahwa Anda memberikan manfaat terdefinisi dengan baik dan terukur, seperti menghemat 25% dari produk yang telah mereka gunakan. Kecuali kebutuhan itu menarik dan solusi yang Anda berikan secara signifikan lebih baik daripada yang dapat diperoleh pelanggan dari pesaing Anda. Pelanggan hanya akan mengeluarkan uang untuk produk yang berkualtas.

Sebagaimana Anda ketahui investor mencari perusahaan di pasar yang baru saja muncul atau akan memasuki fase pertumbuhan yang cepat. Hal ini sering disebut memiliki keunggulan di pasar, menjadi perusahaan pertama yang memanfaatkan kesempatan baru. Tunjukkan bahwa usaha Anda memiliki prospek pertumbuhan yang sangat baik untuk tiga sampai lima tahun mendatang.

Mempelajari pesaing juga penting dalam planning untuk bisnis. Pengusaha sering meremehkan kekuatan pesaing mereka dan betapa mengakar mereka di pasar. Tentukan kelemahan yang menurut Anda dimiliki pesaing. Lalu, jadikan kelemahan itu sebagai langkah untuk membangun keunggulan kompetitif. Selanjutnya, memikirkan tentang pendapatan. Dari mana pendapatan Anda berasal? Itulah ide utama model bisnis.

Berapa banyak cara Anda menghasilkan pendapatan. Jika Anda bisa memperoleh lebih dari satu aliran pendapatan dari pelanggan, itu adalah faktor positif dalam model bisnis Anda. Model bisnis juga menjelaskan faktor dan kondisi yang akan menyebabkan perusahaan Anda menjadi menguntungkan. Anda mungkin memiliki skalabilitas, artinya Anda dapat dengan cepat menumbuhkan pendapatan tanpa kenaikan biaya yang sesuai.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan tentang strategi bisnis dan keuangan juga perlu direncanakan dengan cermat.

Show More

Related Articles

Close