Perbedaan Fashion Retro dan Vintage

Anda tentunya sudah sering mendengar kata fashion retro dan vintage yang saat ini tengah digandrungi para remaja kekinian. Sebutan retro adalah untuk mode yang populer di tahun 70-an hingga 90-an, sedangkan vintage adalah mode di tahun 20-an hingga 60-an. Bila Anda amati secara seksama, maka akan jelas tampak perbedaannya. Fashion retro lebih mengarah pada jenis kontemporer dengan kesan warna, bebas dan gemerlap seperti halnya celana cutbray, rompi berbulu dengan potongan ekstrim atau super ketat.

Mode ini mengacu pada bintang-bintang besar ternama seperti Cher, Michael Jackson, dan juga Elvis Persley. Sementara kategori vintage lebih tampak feminim dengan dominasi warna hijau dan warna-warna pudat yang lebih terlihat sederhana dan praktis, seperti misalnya rok a-line di bawah lutut, celana pendek ketat, blues tanpa lengan, dan sebagainya. Namun intinya, fashion retro dan vintage tetaplah sama-sama oldstyle atau menerapkan mode usang dan tak lekang oleh waktu atau dimakan jaman, karena selalu muncul di setiap tahunnya.

Para penggemar jenis fashion retro dan vintage ini tak hanya lagi para kolektor, tetapi juga remaja yang berlomba-lomba memadupadankan segala jenis bentuk pakaian.

Fashion retro dan vintage bukan lagi menjadi fashion yang terkesan kampungan atau norak, malah fashion ini tengah bertumbuh kembali seiring waktu yang dikolaborasikan dengan fashion modern, sehingga menghasilkan sesuatu yang terlihat unik dan beda. Namun, para pecinta fashion retro dan vintage ini harus pintar-pintar menyiasati penampilannya dengan situasi agar tidak terkesan salah kostum nantinya.

Salah satu style fashion vintage yang tengah marak saa ini adalah model rok panjang yang dipadupadankan dengan atasan berlengan panjang atau pendek sehingga membuat tubuh terlihat semampai karena sentuhan style maxi skirt yang penuh hingga betis.

Bagi Anda yang belum pernah dan ingin mencoba fashion retro serta vintage ini, dapat mulai berburu aneka pakaian hingga aksesorisnya di berbagai thrift store dan consigment store. Biasanya, barang-barang retro dan vintage ini terbilang cukup mahal apalagi yang memang milik suatu brand ternama. Tapi tak perlu khawatir, bila Anda termasuk orang yang tidak ingin terlalu boros, Anda cukup memilih jenis pakaian retro dan vintage yang harganya lebih terjangkau asal pintar memadukan warna dan juga style-nya. Jadi, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *