Penyebab Kerusakan Laptop

Pada masa digital seperti sekarang, keberadaan media pengolah data seperti komputer adalah hal yang penting dimiliki. Terlebih jika merupakan salah satu pelaku bisnis ataupun pekerja di sebuah instansi. Tentu saja pekerjaan kita membutuhkan alat pengolah kata seperti aplikasi windows maupun aplikasi pengolah angka seperti aplikasi excel.

Karena aplikasi yang sudah umum digunakan saat ini adalah aplikasi yang berbasis windows. Selain digunakan sebagai media pengolah data, saat ini computer pun digunakan untuk media komunikasi dan informasi dengan bantuan jaringan internet. Oleh karena itu, Tips Menjaga Kinerja Laptop menjadi salah satu tips yang dibutuhkan saat ini.

Salah satu Tips Menjaga Kinerja Laptop yaitu dengan mengetahui penyebab kerusakan pada laptop. Berikut adalah beberapa penyebab kerusakan sebuah laptop.

  • Laptop sering mengalami overheat. Kondisi ini adalah dimana laptop sering mengalami cepat panas. Hal ini bisa disebabkan oleh banyaknya program yang dijalankan pada sebuah laptop melebihi kapsitas dari dapur pacu laptop tersebut.
  • Laptop sering dibiarkan dalam keadaan baterai kosong. Hal itu sebagai akibat daripemakaian yang sembarangan. Pengguna asyik menggunakan laptopnya tanpa memeperhatikan ketersediaan daya listrik yang tersimpan pada baterainya. Idealnya, pengguna laptop cepat-cepat mengisi ulang baterai laptopnya ketika daya baterai sudah mencapai minimal 15%. Biasanya laptop akan secara otomatis memberikan peringatan untuk segera dilakukan isi ulang daya baterai. Namun banyak dari pengguna laptop mengabaikan hal tersebut.
  • Laptop cepat rusak karena menggunakan daya yang langsung dari listrik tanpa memanfaatkan adaptor. Karena tanpa adaptor, laptop akan mati secara terpaksa ketika ada gangguan suplai listrik. Baik yang disebabkan oleh mati lampu dari PLN ataupun karena ada ganguan lain yang menghambat aliran listrik pada laptop yang sedang digunakan.

Itulah hal-hal yang harus diantisipasi agar laptop tidak cepat rusak. Dengan menghindari hal-hal yang dijelaskan di atas, secara tidak langsung Anda telah menjalankan Tips Menjaga Kinerja Laptop.  Cara ini lebih mudah dan murah dilakukan daripada harus memperbaiki sebuah laptop yang sudah terlanjur rusak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *