Beton Berpori Solusi Banjir di Kota

Saat ini, banyak peristiwa banjir di perkotaan terutama di jalan raya. Hal itu disebabkan karena saluran air sudah tidak mampu lagi menampung debit air yang datang sehabis hujan atau bahkan yang datang akibat banjir kiriman. Debit air yang besar tersebut akan menghasilkan energi kinestetik dan energi potensial  yang cukup besar sebanding dengan besarnya debit air banjir tersebut.

Oleh karenanya, berbagai benda termasuk kendaraan bermotor yang sedang macet di jalan raya dapat dihanyutkan ke tempat yang lebih rendah. Semua aparatur pemertintah dan  pihak-pihak yang terkait sedang memutar otak supaya kondisi tersebut dapat teratasi secara efektif. Ada yang mengekalinya dengan membuat danau resapan, ada yang mengakalinya dengan memperbaiki saluran air.

Dan usaha lain yang dikira akan menjadi solusi untuk permasalahan ini. Bahkan ada teknologi masa depan yang sudah ditemukan yaitu berupa beton yang dapat menyerap air yang berada di atasnya. Beton tersebut bernama Permeable Topmix.

Beton Permeable Topmix ini merupakan beton berpori sehingga mampu menyerap genangan air yang ada diatasnya. Kapasitas penyerapan beton ini cukup besar. Yaitu sekitar tiga ribu liter setiap menitnya. Beton ini efektif untuk mengatasi banjir seperti yang serikng terjadi di jalanan Indonesia.

Beton inipun sangat efektif untuk menghindari genangan air seperti yang sering ditemukan di jalan-jalan Indonesia, baik di kampung atau di kota. Untuk menggunakan beton ini haruslah dipasang di atas saluran air yang dapat mengalirkan air yang berhasil diserap oleh beton berpori tadi.

Beton yang menyerupai Permeable Topmix ini di Indonesia sudah digunakan di landasan pacu bandara Juanda, Surabaya. Juga di trotoar seitar jalan Rusuna Said. Beton ini disponsori oleh perusahaan penghasil semen yaitu holcim dan di beri nama thrucrete. Pengunaan beton yang bisa “meminum air” ini belum diaplikasikan di jalan-jalan Indonesia karena berbagai hal yang masih dipertimbangkan.

Termasuk salah satu kekurangannya yang mudah rusak di musim dingin. Namun, jika beton ini diaplikasikan ti taman atau trotoar sekitar rumah yang dibawahnya langsung terhubung ke sistem drainase, tentulah efektif untuk menghindari genangan air di sekitar rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *