Tips Sukses Bisnis Ternak Ayam

Bisnis yang satu ini sekarang ini banyak sekali dilirik oleh para pengusaha besar maupun kecil. Bisnis tersebut yaitu bisnis peternakan ayam. Bisnis ini memang bisa menjanjikan para pelaku bisnisnya mendapatkan keuntungan. Bisnis ini bisa memanfaatkan penjualan berbagai produk dari peternakan ayam seperti telur ayam, daging ayam, bahkan kotoran ayam juga bisa dijadikan peluang bisnis yang menghasilkan keuntungan yaitu dengan menjual pupuk kandang.

Untuk menjalankan bisnis ini bisa dibilang sangat mudah apalagi jika anda memilih untuk menternakan ayam kampung. Hal ini dikarenakan ayam kampung terkenal memiliki ketahanan dan juga kualitas daging ayam yang sangat baik.Tips Sukses Bisnis Ternak Ayam

Agar bisnis ternak ayam bisa sukses, maka anda membutuhkan beberapa tips ketika akan memulai usaha yang satu ini.

Pertama pemilihan jenis ayam yang akan diternakan sangatlah penting. Apabila anda menginginkan hasil ternak yang cepat, maka pilihlah jenis ayam ras karena perkembangan ayam ras sangat cepat, sedangkan bagi anda yang ingin mendapatkan hasil ternak yang berkualitas seperti dagingnya dan juga telurnya yang sehat, maka pilihlah ayam kampung. Terdapat kelebihan dan juga kekurangan dari menternakan ayam ras dan juga ayam kampung.

Kedua yaitu dari segi peralatan dan juga perlengkapan yang dibutuhkan ketika beternak ayam. Gunakanlah kandang dengan kapasitas yang sesuai dengan jumlah ayam yang akan diternakan. Kemudian agar kandang ayam tetap terjaga kebersihannya, maka gunakanlah kandang panggung agar kotoran ayam bisa ditampung. Selain itu juga siapkan juga berbagai perlengkapan lainnya seperti makanan, tempat minum ayam, dan juga obat-obatan jika ayam yang diternakan sakit.

Ketiga yaitu teknik dalam mengelola ayam. Salah satunya pengelolaan dalam pemberian makanan. Ayam diberikan makan dengan jumlah yang sama sebanyak 3 kali sehari. Untuk makanan bisa menggunakan dedak padi. Selanjutnya agar ayam yang diternakan terhindar dari berbagai penyakit, akan berilah ayam minuman yang telah dicampur dengan vitamin. Dan jika ada ayam yang sakit, maka rawat segeralah pisahkan ayam tersebut dan lakukanlah perawatan yang khusus.  Dan untuk kebersihan kandang, bersihkan kotoran seminggu sekali, dan lakukanlah penyemprotan anti bakteri ke kandang ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *