Bisnis

Tips Khusus Untuk Investasi Pemula

Dengan perkembangan yang semakin canggih dan instan ini, maka anda bisa melakukan banyak hal dengan mudah. Anda bisa membrowsing di internet dengan cepat dan mempelajari banyak hal, seperti melakukan penanaman investasi modal saham. Mungkin dari sebagian anda sudah ada yang mengetahui tentang saham, dan mungkin juga sudah banyak berhasil memenangkan saham. Sebelum melakukan penanaman saham, maka anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu saham, Saham sendiri merupakan kepemilikan perusahaan/badan usaha yang disertai dengan bukti yang telah anda lakukan. Nah, untuk memiliki perusahaan atau badan usaha anda harus melakukan penanaman modal atau investasi terlebih dengan beberapa langkah. Memang dalam melakukan penanaman saham itu akan ada rugi dan untung. Disitulah anda mulai menggunakan taktik

– taktik yang jitu untuk melakukan investasi pemula yang bisa anda lakukan. Anda akan mencari website

– website yang memang kamu memahaminya sebelum melakukan transaksi saham. Bisa anda lakukan pencarian referensi dari majalah, buku, serta website bursa efek Indonesia untuk memahami perkembangan saham di Indonesia. Pilihlah produk yang sekiranya memang cukup bisa berkembang.Dalam tahapan mencari saham

– saham yang terpercaya, maka anda pun harus memiliki pemahaman ataupun target untuk mencapainya. Ada beberapa cara melakukannya, seperti :
1. Menentukan Tujuan
Sesuatu apapun haruslah ada tujuan agar bisa memperkirakan hasilnya nanti. Dengan begitu tahap investasi yang akan anda lakukan tidak akan sia – sia. Selanjutnya anda bisa menentukan target yang akan dicapai.
2. Pencapaian Target
Target yang akan anda buat itu akan menjadi patokan dalam melakukan penanaman saham atau modal. Maka dari itu anda harus memahami seluk beluk saham yang akan dibeli dan dana yang akan dicapai. Adanya pencapaian target ini akan cukup membantu memberikan arah kepada anda.
3. Pengaturan Waktu
Dalam dunia investor ada dua tipe investor, yaitu jangka pendek dan panjang. Untuk jangka pende anda akan melakukan pembelian dan penjualan saham. Sedangkan untuk jangka panjang itu anda akan terus memperhatikan saham yang nantinya akan dibeli lalu dijual kembali. Dalam melakukan investasi pemula maka anda harus paham akan harga yang ada saat ini. Dalam investasi dalam jangka panjang akan terasa hasilnya pada kemudian hari. Itulah gunanya pengukuran waktu.
4. Mengukur Kemampuan
Dalam melakukan investasi pastinya harus memiliki skill pemahaman yang cukup tinggi.Ketika anda tidak yakin akan pilihan investasi, maka anda bisa menanamkan modal yang kecil agar kerugian yang dirasakan tidak besar. Jangan terburu – buru dalam menanamkan modal, karena satu rupiah saja itu cukup berarti bagi investor. Pahami terus jenis saham dan market pasar anda.
Dalam menjalankan saham memang tidaklah mudah, namun sebagai seorang investasi pemula tentunya anda harus pintar mengatur keuangan. Mumpung anda masih muda bisa belajar dari sekarang. Dalam berinvestasi memang anda harus pintar mengatur keuangan agar bisa diinvestasikan. Dalam investasi haruslah mempunyai tujuan. Misalnya saja, melakukan investasi dalam 5 bulan ke depan untuk memiliki mobil baru ataupun gadget model terbaru. Biaya hidup konsumtif itu mulai dari diri sendiri yang akan menentukan.
Anda pun bisa membaca beberapa buku yang telah berhasil menjalankan bisnis investasi menjadi besar. Misal anda membaca bukunya Montley Foo; yang berjudul “Warren Buffet Invest Like a Girl”, buku ini menceritakan bahwa untuk menjadi seorang bisnis harus melakukan berbagai pertimbangan dengan hati – hati. Di buku ini akan dibicarakan gaya seorang warren buffet dalam melakukan pengelolaan keuangan. Buku ini cukup produkti untuk dibaca, karena akan menjabarkan bahwa wanita itu memiliki insting yang cukup natural dalam melakukan pengaturan keuangan untuk menjadi sukses dalam investasi. Ada lagi buku dari Ramit Sethi yang berjudul “ I Will Teach You To Be Reach “. Di dalam buku ini ada 4 pilar yang harus anda ketahui untuk investasi pemula. Anda harus memahami dan menjalankan pengaturan keuangan, perbankan, menabung, serta menganggarkan belanja. Dengan begitu anda bisa sukses selagi muda dalam dunia investasi. Buku ini sangat cocok untuk anda para kaum muda yang ingin sukses di dunia bisnis investasi.

Gaya step by step dicirikan dalam buku yang enak dibaca ini.
Selanjutnya, ketika anda sudah mulai memahami tentang dunia investasi maka anda akan memahami jenis – jenis investasi. Bagi anda yang memang masih sebagai investasi pemula bisa menggunakan jenis reksadana. Nah, masih belum paham apa itu reksadana ?. Jenis investasi reksadana itu merupakan wadah bagi para calon investor untuk menghimpun dananya yang selanjutnya akan dilakukan menginvestasian ke dalam portofolio oleh Manajer Investasi. Proses penanamannya pun cukup mudah minimal Rp 50.000 saja, dan inilah banyak calon investor baru yang lebih memilih jenis reksadana. Ada baiklah lagi bahwa anda yang tidak punya cukup waktu namun ingin berinvestasi bisa memilih reksadana, karena akan adanya manajer yang mengelola investasi anda. Adapun jenis – jenis reksadana, yaitu :
1. Reksadana Pasar
Untuk jenis ini memiliki resiko yang cukup rendah, karena pangsanya adalah instrumen pasar. Untuk jenis ini jangka waktunya cukup pendek hanya 1 tahun saja, sehingga akan cukup cepat mendapatkan keuntungan.
2. Reksadana Saham
Keuntungan yang akan didapatkan cukup tinggi, namun resikonya pun juga cukup tinggi maka harus berhati – hati. Jadikan ini sebuah tantangan bagi anda sebagai calon investor. Untuk reksadana ini memiliki jangka waktu cukup lama hingga diatas 5 tahun.
3. Reksadana Pendapatan Tetap
Ini merupakan jenis investasi yang bisa dikatakan cukup aman, karena berada pada posisi tengah. Biasanya untuk investasinya berupa produk keuangan ataupun obligasi sehingga sangat minim sekali resikonya, namun keuntungannya cukup baik. Jangka waktu investasinya kisaran 1 sampai 3 tahun.
4. Reksadana Campuran
Yang terakhir mungkin bisa menjadi salah satu pilihan anda dalam melakukan investasi. Akan adanya keuntungan yang tinggi dalam jangka waktu 3 sampai 5 tahun.

Cukup lengkap kan untuk pemahaman tentang investasi. Dalam melakukan investasi tentunya anda harus memperhitungkan jangka waktunya. Sebagai investasi pemula anda bisa bisa menentukan pilihan akan menggunakan jenis investasi yang mana. Investasi tersebut tentunya akan menjadikan jaminan di hari tua anda. Anda bisa mulai belajar dari sekarang dan pahamkan semua tentang investasi. Investasi tentunya tidak akan merugikan, jika anda mau mencobanya. Berinvestasi berarti anda telah melakukan pola hidup khususnya mengatur keuangan agar menjadi lebih baik. Perhitungkan semua dari awal modal anda hingga keuntungan yang akan anda dapatkan. Semua hal tersebut akan menjadi lebih baik jika dipertimbangkan menjadi matang. Anda juga bisa saling berkonsultasi kepada sesama investor untuk berbagi pikiran ataupun saran ide agar baik ke depannya. Selamat bergabung di dunia investasi. Semoag berhasil.

Show More

Related Articles

Close