Kesehatan

Penyebab Kekurangan Gizi Pada Anak

vdwet – Masalah kekurangan gizi pada anak, umumnya sering ditemui dinegara miskin dan negara berkembang, termasuk di Indonesia. Berbeda dengan kondisi di negara maju, dimana pemerintah telah menjamin kesehatan seluruh warga negaranya tanpa membedakan status sosial mereka, di negara berkembang sendiri masalah kesulitan menerima pengobatan maupun perawatan rumah sakit masih sering dijumpai, terutama karena adanya kendala keuangan yang dialami oleh sebagian masyarakat dengan status sosial menengah ke bawah. Terlebih lagi di negara miskin yang lebih sering mengalami berbagai masalah mulai dari kesulitan mendapatkan makanan bergizi, kualitas air minum dan untuk mandi yang sangat tidak baik, serta tidak adanya penanganan medis secara tepat yang sangat penting bagi kesehatan warga negaranya.

Penyebab Kekurangan Gizi Pada Anak
Penyebab Kekurangan Gizi Pada Anak

Kondisi kekurangan gizi pada anak merupakan kondisi dimana tidak tercukupinya jumlah zat gizi pada makanan yang dikonsumsi oleh anak tersebut. Terdapat banyak faktor penyebab terjadinya masalah kekurangan gizi pada anak, termasuk beberapa faktor berikut ini :

  • Faktor ekonomi, yaitu adanya keterbatasan penghasilan keluarga yang dapat menjadi kendala mereka baik untuk memperoleh makanan yang bergizi, air minum yang sehat, air bersih untuk mandi, dan kesulitan dalam melakukan pangobatan atau perawatan terhadap gejala penyakit yang dialami oleh anaknya karena tidak adanya biaya untuk berobat.
  • Faktor kurangnya pengetahuan kesehatan akan gizi yang terdapat pada makanan juga dapat memicu munculnya resiko masalah kekurangan gizi pada anak karena tidak memperhatikan dengan benar jenis makanan apa yang baik atau tidak baik untuk dikonsumsi oleh anak.
  • Seorang ibu yang melahirkan anak dalam jarak waktu yang dekat juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab munculnya masalah kekurangan gizi pada anak misalnya akibat kekurangan nutrisi pada ASI yang masih diperlukannya. Untuk itu, alangkah baiknya jika anda mengatur jarak kehamilan sebaik mungkin agar asupan gizi dan nutrisi anak dapat terpenuhi dengan baik.

Masalah kekurangan gizi pada anak selama ini juga sering terjadi di Indonesia. Hal ini tentu menjadi keprihatinan bersama karena ditengah kekayaan alam negeri kita yang melimpah masih terdapat keperihan banyak anak yang mengalami kelaparan, kesulitan berobat, dan masalah lainnya.

Tags
Show More

Related Articles

Close