Macam Teknologi Modern Pertanian

Kehidupan tidak akan pernah terlepas dari segala kemajuan jaman, dalam kehidupan kekuatan untuk tetap survive sangatlah diperlukan, mulai dari sandang, pangan dan papan yang secara keseluruhan selalu ingin terpenuhi oleh setiap orang. Namun, tidak demikian bagi kehidupan yang sederhana cukup dengan sampai kepada sandang dan pangan saja sudah merupakan bentuk yang sangat maju.

Karena untuk memenuhi hal tersebut sangat diperlukan sekali usaha-usaha yang memang tidak mudah untuk dilakukan. Dengan kemajuan teknologi modern ini bagi yang hidupnya sangat sederhana mungkin akan sulit untuk dirasakan, berbeda halnya bagi yang sudah terpenuhi segala macam kebutuhannya pasti akan mengikuti segala modernisasi yang terjadi.

Kebutuhan setiap individu sangatlah berbeda tergantung dari kemampuan dan keinginan masing-masing. Orang yang mampu mengkondisikan dalam setiap keadaan dalam hidupnya akan selalu merasa terpenuhi. Berkembangnya teknologi sederhana menjadi teknologi modern adalah adanya peran dari sumber daya manusia yang ada, dengan berkembangnya pemikiran dan ketersediaan alat yang dapat membawa perubahan kearah yang lebih modern. Seperti pada alat pertanian yang semakin maju diantaranya :

  • Rotavator. Alat yang digunakan untuk pengolahan tanah pertama dan juga pengolah tanah kedua, dengan alat ini para petani tidak harus mencangkul lahannya untuk pertanian.
  • Cultivator. Alat yang digunakan sebagai penyiangan atau pemeliharaan pada tanaman.
  • Bajak singkal modern. Sebuah alat yang digunakan untuk membolak balikan tanah atau sebagai bajak tanah.
  • Mesin penanam padi modern. Alat ini untuk menanam padi dengan sangat mudah. Dengan pengoprasian seperti mengendarai mobil, mesin ini dapat melakukan tugasnya dengan sangat baik.
  • Alat peyemprot modern. Alat ini membantu dalam menyemprot tanaman atau padi dengan sangat mudah dan efektif.

Dengan menggunakan berbagai teknologi modern pertanian di atas akan memudahkan para petani dalam bercocok tanam, namun tidak semua alat dapat dimiliki oleh para petani dan sebagian ada yang belum di pakai oleh Indonesia seperti alat peyemprot modern. Untuk memenuhi segala kemajuan jaman memang harus disesuaikan pula dengan kondisi dan kontur tanah yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *